linimassa-video

Indonesia bukan hanya Jakarta, Bung! Kami terlalu muak dengan keangkuhan orang-orangnya berikut dengan isi berita mainstream tentangnya. Indonesia punya sejuta dinamika yang sering luput dari sorot lensa kamera, kilat lampu blitz dan lantas tersingkir dari headline media.

Untuk itulah kami mengundang teman-teman untuk dapat berpartisipasi menjadi salah satu sutradara (boleh atas nama pribadi/individu ataupun kelompok/komunitas) dalam film Linimassa 3 yang akan segera diproduksi oleh ICT Watch dan WatchdoC.

Dalam film Linimassa 3, sebagaimana di Linimassa 1 dan Linimassa 2, akan terdiri atas beberapa kisah unik dari beragam daerah. Kami akan memilih 5 (lima) usulan kisah yang akan langsung disutradarai oleh teman-teman di daerahnya masing-masing untuk lantas diwujudkan menjadi bagian dalam film Linimassa 3.

Anda tidak harus pernah membuat film dan/atau menjadi sutradara sebelumnya. Sebab bagi ke-5 kisah yang terpilih, pihak pengusul/perwakilannya tersebut akan mendapatkan pelatihan intensif 3 (tiga) hari di Jakarta sebagai sutradara dan/atau pembuat video dokumenter oleh tim WatchdoC. Materi lainnya yang akan diberikan adalah pengayaan perspektif tentang Hak Asasi Manusia (HAM) dan Online Freedom oleh tim ICT Watch.

Oh ya, sutradara yang terpilih nanti tidak mendapatkan bayaran, selain biaya operasional selama masa produksi dokumenter tersebut di daerah masing-masing. Mereka juga akan langsung dibekali sebuah kamera video HD yang dapat langsung dimiliki dan dimanfaatkan usai masa produksi film tersebut.

Adapun untuk syarat yang terkait dengan seleksi ide/gagasan kisah adalah sebagai berikut:

  1. Tema besar Linimassa 3 adalah Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (khususnya Internet dan/atau Media Sosial) untuk mendukung, mempromosikan atau memfasilitasi kegiatan-kegiataan terkait berikut ini (boleh salah satu atau lebih):
    • Perempuan
    • Lingkungan
    • Kemanusian
    • Pendidikan
    • Keberagaman
  2. Kisah yang diusulkan harus sudah berlangsung (bukan baru sekedar gagasan/ide/cita-cita), berkelanjutan (bukan baru mulai) dan bukan bersifat ad-hoc (hanya untuk sementara waktu).
  3. Peserta seleksi wajib mengirimkan kisah yang diusulkan dalam bentuk cerita/sinopsis singkat melalui form online di bawah artikel ini.
  4. Akan sangat membantu jika cerita/sinopsis singkat tersebut tertuang dalam bentuk video singkat dengan durasi maksimum 3 (tiga) menit dan telah di-upload ke YouTube. Video singkat ini boleh dibuat melalui kamera seadanya, termasuk dengan kamera ponsel.
  5. Penyampaian usulan kisah ditunggu selambatnya 4 Mei 2013. Pengumuman atas 5 (lima) kisah dan sutradara yang terpilih akan diumumkan pada tanggal 13 Mei 2013.


Mari kita buktikan, Jakarta tidaklah sepenting yang telah dikiranya sendiri!

(credit clip promo crowdsource: talent @ayuma_morie and @onnowpurbo, support @frenavit, producer @manda_mande, director @dandhy_laksono)