SINOPSIS CERITA

Adapun untuk gambaran umum mengenai konten linimas(s)a 2 adalah sebagai berikut:

 

SAWERAN / DONASI

[catatan: maaf, program saweran sudah ditutup] Saat ini kami sedang memproduksi film dokumenter linimas(s)a edisi 2. Film ini, sebagaimana yang edisi 1, mengisahkan tentang bagaimana masyarakat Indonesia dengan segala tantangan dan keterbatasan, mampu memberdayakan diri maupun masyarakat sekitarnya dengan menggunakan Internet. Film ini murni untuk keperluan edukasi, non-profit dan boleh digandakan dan didistribusikan seluas-luasnya oleh siapapun tanpa dipungut biaya apapun. Pemanfaatan film ini mengacu pada model lisensi Creative Commons.

Indikator: Tercapai Rp 120 juta dari target Rp 220 juta (per 19 Mei 2012)

Pada produksi linimas(s)a 2 ini, kami ingin memberikan bobot “kebersamaan’, tidak lagi hanya pada isi kisahnya, tetapi juga pada produksinya sejak awal melalui mekanisme saweran/patungan/urunan/donasi dari publik (crowd funding). Karena kami yakin, film dokumenter yang selain bisa menjadi catatan keluhuran bangsa dan juga berperan dalam pengagungan Indonesia ke mata dunia ini, akan semakin memiliki nilai sejarah ketika kita secara bersama mengambil porsi keterlibatan sesuai dengan kemampuan kita.

Film ini diproduksi bersama oleh ICT Watch dan WatchdoC. Direncanakan film ini akan selesai diproduksi dan dinikmati oleh khalayak luas pada Juli 2012. Adapun untuk crowdfunding ini, kesempatan hanya dibuka hingga minggu ke-3 Juni 2012. Nah, hanya dengan Rp 50 ribu, Anda sudah bisa menjadi bagian dari keberadaan film linimas(s)a 2 ini. Bagaimana caranya? [catatan: maaf, program saweran sudah ditutup]

1. Skema Donasi

Contoh:

  • jika seseorang ikut saweran Rp 50 ribu, maka identitas (nama, atau akun twitter,atau logo) akan ditayangkan di web Linimas(s)a berikut dengan link-nya
  • jika komunitas ikut saweran di atas Rp 450 ribu, maka identitasnya akan ditayangkan di web Linimas(s)a + di credit title (ucapan terimakasih) pada bagian akhir film.
  • jika korporasi ikut saweran di atas Rp 20 juta, maka identitasnya akan ditayangkan di web Linimas(s)a + di credit title + di cover DVD

2. Langkah Donasi

  1. Mengirimkan donasi ke salah satu rekening ini: 1.  BCA cab Cipete, norek 2183028413, a/n Perkumpulan Mitra TIK Indonesia, atau 2. BNI cab Tebet, norek 0255084184, a/n Acep Syaripudin.
  2. Mengisi “form donasi” pada bagian paling bawah halaman ini, dan selesai!

Kami akan melakukan verifikasi atas informasi yang masuk, dan kemudian melakukan rekapitulasi secara berkala. Hasil rekapitulasi tersebut akan dipaparkan secara terbuka dan transparan melalui situs ini juga. Jika ada pertanyaan, silakan langsung kirimkan email ke info[at]ictwatch.com

3. Target Donasi

Target pengumpulan donasi (crowd funding) ini adalah Rp 100 juta (45% dari total biaya produksi). Adapun perhitungan dan peruntukannya adalah seperti disampaikan berikut ini:

Kami telah menghitung total kebutuhan biaya untuk produksi film ini adalah Rp 220 juta, dengan alokasi seperti pada diagram pie sebelah kiri.

  • Production & Tools: biaya yang terkait langsung dengan teknis dan materi pengambilan/pengumpulan gambar di lapangan, penyusunan narasi dan transkrip, storyboard, penerjemahan ke bahasa Inggris (untuk subtitle), editing, penyelarasan, dan sebagainya.
  • Logistic & Transportation: biaya perjalanan tim ke sejumlah titik lokasi pengambilan/pengumpulan gambar.
  • DVD Package & Replication: biaya untuk membuat up to 5000 kopi film versi rilis dalam format/keping DVD.
  • Promotion & Shipping: biaya untuk mempromosikan (nobar, diskusi film, dll) dan mendistribusikan film tersebut kepada khalayak luas.
  • Management Cost: biaya langsung ataupun tidak langsung yang harus dikeluarkan oleh pihak manajemen, dalam hal ini oleh ICT Watch, sebagai inisiator dan fasilitator film ini dari hulu hingga hilir proses.

Dari kebutuhan  Rp 220 juta tersebut, saat ini dana yang telah berada di tangan kami yang merupakan dukungan dari beberapa mitra kami adalah sebesar Rp 120 juta (55%). Ini berarti masih dibutuhkan dana sekitar Rp 100 juta (45%), sebagaimana terlihat pada diagram pie sebelah kanan.